No image available for this title

Text

Semar



Bibliografi halaman 311-319
Tokoh semar dalam pewayangan merupakan seorang yang paling sakti di antara tokoh wayang-wayangan laiannya. Tak ada tokoh yang dapat mengalahkan, bahkan semua menghormatinya. Bahkan Batara Guru yang menguasai jagad Triloka pun tidak lagi memiliki kekuasaan mutlak dalam kedudukan sebagai Mahadewa.

Semar tidak memiliki hasrat kekuasaan dan menonjolkan diri terhadap jasa-jsanya. Fungsi dan peran dia adalah sebagai pendorong, penolong, perawat, dan perestu jalan kebaikan, kebenaran dan keadilan. Dia adalah penjaga keseimbangan dunia agar bumi, langit dan seisinya dapat berfungsi bagi esejahteraan umum.

Saran dan nasehat yang disampaikan pun tanpa paksaan dan tuntutan, bahkan dia lebih memilih untuk memupuk, mendidik, mengembangkan, nenatangkan, melindungi, dan menyempurnakan segala sesuatu denga watak satria yang di asuhnya.

Semar yang lahir dari konsep asli Jawa (nusantara) adalah gambaran tentang bayangan sudah dipertunjukkan dalam permainan untuk mengungkapkan sifat religius sekaligus mitos kelokalan sebagai inti dari keluruhan budi pekerti, pengabdian tulus, guru tanpa memaksa, serta pemberi semangat dan kekuatan.

Semar adalah seorang pamong yang memiliki tugas sebagai abdi atau pelayan sekaligus pengasuh yang sederhana dan jujur dan tak berpamrih keduniawian bagi kepentngan diri sendiri. Dari sifat kekosongan itulah terletak kesaktiannya.

Materi pemilihan tokoh Punakawan ini sangat menarik untuk digali ajaran kebiajakan yang sangat strategis apabila dilihat dari sistem filsafat.

Pada perkembangan jaman seperti sekarang ini arus teknologi justru membuat banyak manusia diperbudak oleh barang-barang atau benda hasil produksinya sendiri menumbuhkan semacam erosi kepribadian hingga memorosotkan nilai-nilai kebijaksanaan dan keutamaan sebagai manusia yang sebenarnya.

Nilai yang terkandung lainya adalah, dimana tokoh Punakawan dalam materi ini dapat menjadi pemahaman yang dapat dirujukkan dengan kaidah agama-agama yang ada terutama dalam hal spiritualitasnya sebagai upaya pendakian ke arah hakiki menuju keilahian.


Ketersediaan

5000709479001181.198 22 Ard s c.1Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman (Rak 100)Tersedia
5000709479002181.198 22 Ard s c.2Koleksi Cadangan (Rak 100)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
181.198 22 Ard s
Penerbit Lontar Mediatama : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 323 halaman: ilustrasi; 22 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-5986-65-9
Klasifikasi
181.198 22
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lokasi Rak
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this