Image of Humor Tuminem gadis desa

Text

Humor Tuminem gadis desa



Hidup sebagai wong cilik dari dulu sampai saat ini memang serba kejepit. Kalau angin kejepit bisa njerit, tapi umtuk njerit pun kami tak berdaya. Derita tiada akhir. Malam digigit nyamuk, siang digigit utang. Pagi dikejar tukang kredit, sore dikejar peut sendiri yang lapar. Itulah bencana sesungguhnya yang menimpa kaum semut ireng ini tak henti-hentinya, lebih dari 5,9 Skala Richter.
Para petani gurem, pedagang asongan, bakul gendhong simbok randha, buruh upahan, tukang judi, tukang mabok, wong edan, wong setres dan termasuk juga "orang-orang yang terlalu jujur" adalah profil yang menggendong kemiskinan ini turun-menurun. Seolah-olah kemelaratan sudah menjadi penjajah yang susah diusir dari belantara nasib kami. Bantuan silih-ungkih berganti tidak pernah mengentaskan kami, karena keberadaan kami memang dibutuhkan oleh jiwa-jiwa yang feodal.
Biarlah wong cilik kali ini menjelma menjadi sosok Tuminem. Biarlah ia mewakili kami kaum pinggir kali, pinggir tempat sampah kota, petani gunung yang mlarat dan hampir-hampir sekarat. Lalu apa yang bisa diperbuat kecuali menertawakan nasib diri sendiri. Lha gimana? Itulah satu-satunya hiburan yang gratis.
Memang di jaman ini tak ada lelucon yang lucunya melebihi diorama digedung-gedung peradilan, gedung gedung parlemen dan lembaga-lembaga yang mengatasnamakan rakyat tapi menjual rakyat. Akan tetapi kami memberanikan diri mengajak sesama wong cilik bersama-sama ngguyu biar beban sedikit terlupakan. Terbitnya buku ini sekaligus momentum bagi kami untuk ndherek merefleksikan 61 tahun kemerdekaan negeri ini.


Ketersediaan

5000709442001808.87 Ber h c.1Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman (Rak 800)Tersedia
5000709442002808.87 Ber h c.2Koleksi Cadangan (Rak 800)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
808.87 Ber h
Penerbit Elmatera Publishing : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
ix, 151 halaman; 22 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6549-36-5
Klasifikasi
808.87
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lokasi Rak
-

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this